Ratusan Petani dan Peternak di Lembang, Mengadu pada SBY

Demokrqat 14 : Ratusan petani dan peternak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, mengadukan sejumlah persoalan kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tengah melintasi daerah tersebut dalam safari politik Tour de Jawa Barat, Sabtu (24/3/2018).

Persoalan yang diadukan mulai dari ketidakseimbangan harga pupuk dengan produk, lahan yang kian menyempit, hingga tidak adanya pasar induk untuk menjual hasil-hasil pertanian.

“Hasil produksi sayur dari Lembang, terutama kubis, cabai, tomat, selada dan kacang panjang, menyuplai sekitar 35 persen kebutuhan sayur nasional. Begitu pula dengan tanaman hias, yang mendominasi 70 persen produksi di Tanah Air,” terang salah seorang petani, Aldi Yuhendra.

Namun, kata dia, masalah yang terjadi saat ini adalah tingginya harga pupuk dan obat-obatan di pasaran. Sementara harga sayur tetap relatif stagnan.

“Ditambah lagi dengan ketidakadaan pasar induk di Lembang ini, sehingga para petani terpaksa membawa hasilnya ke Pasar Kramat Jati di Bekasi. Jika ada pasar induk di sini, tentu kita bisa memangkas harga produksi,” harapnya.

  AHY Akhiri “Ngariung di Jabar” di Depok

Menanggapi keluhan tersebut, Presiden RI ke-6 meminta kader-kader Demokrat yang berada di legislatif, DPR dan DPRD, untuk memperjuangkan kebutuhan rakyat tersebut.

“Saya sekarang tidak lagi berada di pemerintahan sehingga bukan lagi sebagai pengambil kebijakan. Tapi, keluhan bapak-bapak ini akan saya teruskan kepada wakil-wakil kita di DPR, agar dapat mereka sampaikan kepada pemerintah,” jelas SBY.

Kemudian SBY juga meminta kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati  Bandung Barat, Aa Umbara-Hengky Kurniawan, untuk membantu mewujudkan harapan para petani dan peternak ini jika nanti terpilih di Pilkada 2018.

“Saya mengenal kedua tokoh ini, Aa Umbara dan Hengky Kurniawan atau Akur,Tetapkan gambar unggulan sebagai sosok yang berintegritas dan peduli terhadap nasib warganya.  Jika nanti mendapat amanah untuk memimpin Kabupaten Bandung Barat ini, insya Allah keduanya akan menyelesaikan persoalan para petani dan peternak,” pungkas SBY.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: